universitas terbaik di indonesia by university rankings Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia Pendidikan Matematika IPA Universitas jurusan PENDIDIKAN TEKNIK

.

Cara Main Game PS2 di PC Komputer Laptop dengan PCSX2

Artikel cara main game ps2 di pc komputer atau laptop ini sudah dipraktekkan penulis.  Karena itu main game ps2 di pc dapat dicoba sendiri oleh siapa saja yang hobi main game.

Hal menarik main game ps2 di pc komputer ataupun laptop adalah bahwa harga dvd game ps2 lumayan murah (Rp 5.000/keping).  Game ps2 banyak dijual dimana-mana termasuk di pinggir jalan, sehingga kita dapat membeli macam-macam dvd game ps2 untuk main di komputer rumah.  Sementara harga dvd game khusus komputer berharga 10 kali lipat (Rp 50.000/keping).  Kadang-kadang harus beli dua keeping dvd game komputer untuk satu permainan sehingga menjadi Rp 100.000.

Beberapa game ps2 di pc yang sudah dimainkan dan berjalan mulus adalah game GTA san andreas sonic, GTA san andreas prince of persia berbahasa Indonesia, The Warriors, Barbie horse adventure, Alvin and the chipmunks chipwrecked dan God of War II.  Game-game tersebut ternyata memang populer dimainkan oleh anak-anak di tempat-tempat rental ps2.  


Cara Main Game PS2 di PC Komputer Laptop dengan PCSX2

Komputer yang digunakan penulis hanya komputer pc tipe sedang saja, keluaran tahun 2010.  Spesifikasinya adalah pentium dual core E5300 @2,60GHz,   RAM 2 GB tipe DDR2 (bisa juga pada RAM 1 GB DDR2),  Video Grafis Nvidia GeForce 210 dengan video memory 512MB, serta direct3D9.  Dijalankan pada OS windows 7 tipe 32 bit (x86) dengan menggunakan PCSX2 playstation 2 emulator versi terbaru 1.2.1.  Lihat tipe dan performa komputer di artikel performa spesifikasi intel pentium E dual core.  

Spesifikasi komputer tersebut sekedar perbandingan saja.  Faktanya game ps2 tidak berjalan pada laptop baru walaupun memiliki RAM 2 - 4 GB tipe DDR3 karena tidak memiliki video grafis.  

Berikut ini adalah langkah-langkah cara main game ps2 di pc komputer atau laptop.

DOWNLOAD EMULATOR PS2 UNTUK PC

Dvd game ps2 dijalankan di windows7 menggunakan aplikasi emulator ps2.  Aplikasi emulator ps2 tersebut adalah pcsx2 versi 1.2.1 yang tersedia gratis.  Versi tersebut adalah versi pcsx2 terbaru saat ini dengan ukuran file yang cukup kecil 14.4 MB.  Ada versi sebelumnya 0.9.8, versi 1.0.0, dan ada juga versi baru 3113 (masih versi beta).  

Saat download emulator ps2 ini beberapa hal yang diperhatikan adalah sumber atau link yang valid, dan cara instalasinya yang harus menyeting dan memasukkan bios ps2 emulator.  Untuk langkah-langkah tersebut dapat dibaca pada artikel cara download emulator ps2 untuk pc komputer laptop.

KONFIGURASI EMULATOR PS2

Emulator ps2 yang sudah di download memerlukan setingan atau konfigurasi agar bisa berjalan baik di pc komputer ataupun laptop. Konfigurasi emulator ps2 tersebut menyangkut setingan kecepatan, video/adapter yang digunakan, pemilihan bios ps2, memory card hingga penyetingan joystick.  

Langkah-langkah tersebut dapat dibaca pada konfigurasi atau cara setting emulator ps2 pcsx2.  

MEMBUAT FILE ISO GAME PS2

Kepingan dvd game ps2 dapat langsung dibaca dan dijalankan oleh emulator ps2 pcsx2.  Tetapi kecepatannya tergolong lambat.  Untuk itu dvd game ps2 tersebut sebaiknya diubah menjadi file iso agar bisa dijalankan normal di harddisk.  File iso adalah hasil konversi seluruh file disk dvd ke dalam satu file dengan ekstensi *.iso.  Ini mudah dilakukan misalnya dengan aplikasi UltraISO.  Bagi yang belum tahu caranya nanti akan ada artikel cara membuat file iso game ps2

Demikian tentang cara main game ps2 di pc komputer atau laptop, semoga bermanfaat.

Note:
Minat main game ps2 di komputer lumayan tinggi, terlihat dari jumlah penelusuran di google seperti: cara bermain game ps 2 di pc, cara bermain game ps2 di komputer, cara main game ps 2 di pc, cara main game ps2 di pc, cara main game ps2 di pc tanpa kaset, cara memainkan game ps 2 di pc, cara memainkan game ps2 di komputer, cara memainkan game ps2 di pc.
Share:

No comments:

Post a Comment