universitas terbaik di indonesia by university rankings Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia Pendidikan Matematika IPA Universitas jurusan PENDIDIKAN TEKNIK

.

Konfigurasi atau Cara Setting Emulator PS2 PCSX2 Komputer Game

Artikel konfigurasi atau cara setting emulator PS2 PCSX2 versi 1.2.1 menunjukkan detil cara setting dengan bantuan gambar.  Cara setting emulator ps2 yang benar diperlukan agar game ps2 berjalan normal di komputer.

Setingan atau konfigurasi emulator ps2 sebetulnya sudah dilakukan saat emulator ps2 baru di download.  Setingan tersebut hanya konfigurasi awal saja (di artikel: cara download emulator ps2 untuk pc komputer laptop) yang dilanjutkan dengan setingan yang dijelaskan disini.

Untuk memulai konfigurasi/setting emulator ps2, maka jalankan aplikasi PCSX2 1.2.1 yang ada di desktop (shortcut icon) atau start windows.  Kemudian lakukan settingan seperti berikut ini.

SETTING KECEPATAN EMULATOR 

klik menu config dan emulation setting seperti gambar berikut.

Emulator PS2 Komputer Game

Lanjutkan klik speehack (1), klik preset (2), geser tingkat kecepatan (3) pada posisi agresive.  Klik apply (4) dan OK (5) seperti gambar di bawah.  Posisi agresive sudah cukup seimbang antara kecepatan game dan gambar.  Lebih tinggi lagi yaitu agresive plus, maka game makin cepat gerakannya tetapi makin kurang bagus gambarnya. 
cara setting emulator ps2 pcsx2


SETTING MEMORY CARD PCSX2

Klik menu config, lanjut klik memory cards.  Memory card disini tidak memory card secara fisik, tetapi pengaturan space untuk memory card.  Tujuannya agar permain game ps2 dapat disimpan dan kemudian dilanjutkan di lain waktu tanpa harus mulai dari awal.  Tampilan standarnya seperti gambar di bawah dan tidak perlu ada perubahan dan bisa berjalan normal pada posisi default.

cara setting emulator ps2

Tetapi ada kalanya memory card penuh, atau terkendala saat menjalankan game ps2 yang lain.  Kadang kita diminta untuk mengeluarkan dan memasukkan kembali memory card.  Untuk itu lakukan penyetingan memory card dengan mendelete memory card lama port-1 atau port-2.  Atau buat memory card baru dengan klik create.  Coba juga untuk menghilangkan centang pada auto eject.

CARA SETTING BIOS EMULATOR PS2 PCSX2

Klik menu config, lanjutkan klik plugin/bios selector.  Pengaturan bios emulator ada tiga yaitu plugins, bios dan folder.  Pengaturan bios emulator sebetulnya sudah dilakukan saat pertama pcsx2 diinstall.  Tapi terkadang perlu diatur lagi, karena bisa saja tidak sesuai dengan jenis dvd game yang akan dimainkan.  Jenis bios ada Europe, Japan atau Usa.  Dapat dicoba menggunakan USA bios seperti pada gambar di bawah ini.  Jika belum memiliki bios dan cara seting awal dapat dilihat pada  cara download emulator ps2 untuk pc komputer laptop

konfigurasi emulator ps2


CARA SETTING VIDEO (GS)

Klik config dan klik video(GS).  Selanjutnya ada tiga pilihan setingan.  Pengaturan yang penting adalah ukuran gambar, untuk itu pilih windows setting.  Pilihan tergantung jenis layar monitor, bisa standar ataupun widescreen.

cara setting emulator ps2 pcsx2

Masih di video(GS), selanjutnya pilih plugin setting untuk memilih jenis adapter (video card), dan tipe direct3D.  Sesuaikan tipe adapternya (pada contoh ini menggunakan Nvidia Geforce 210 yang memang ditanamkan di CPU komputer) dan menggunakan direct3D9 (hardware).

cara konfigurasi emulator ps2 pcsx2


CARA SETTING AUDIO PCSX2

Klik config, klik audio dan klik plugin setting.
Untuk jenis audio yang sederhana dapat menggunakan seperti setingan interpolation (1-linear) dan modul (1-xAudio).  Audio yang sederhana lumayan meringankan beban komputer terutama untuk komputer yang spesifikasinya rendah.

emulator ps2


CARA SETTING JOYSTICK PAD CONTROLLER PCSX2

Klik menu config, klik controller (pad) dan klik plugin setting.  Secara default setingannya adalah lilypad, namun kode tombol pad controller masih kosong.  
Untuk mengatur tombol-tombol joystick/pad controller dapat dilakukan secara manual.  Caranya klik Pad 1 untuk joystick pad pertama.  Klik square, dan lanjutkan dengan menekan tombol square (kotak) pula pada joystick.  Lakukan seterusnya hingga semua tombol pada pad terpakai semua.  Jika sudah selesai tekan apply dan OK.  Hal yang sama dilakukan pada Pad 2 (jika ada dua joystick berpasangan)

Untuk catatan, ada joystick yang tidak menggunakan lambang gambar. Maka sesuaikan tombolnya, misalnya untuk joystick tertentu yang menggunakan nomor yaitu gambar kotak (nomor 4), lingkaran(2), segitiga (1) atau silang(3).

cara setting emulator ps2




Note:
Penelusuran di google: cara memainkan emulator ps2, cara memakai emulator ps2, cara menggunakan emulator ps2, tutorial emulator ps2, setting ps2 emulator, cara setting emulator ps2, cara seting emulator ps2, konfigurasi emulator ps2.

Share:

5 comments:

  1. iklannya busuk gk bisa di hilangkan

    ReplyDelete
  2. gan, waktu apply di controller lilypad kok error ya?

    ReplyDelete
  3. min, ane udh update directx jadi versi 11.1 terus vga ane intel core i5 HD graphic 3000, tapi selalu plugin gagal. Kira2 knp yh min?

    ReplyDelete
  4. gan buat yang analog pencetnya apa ?

    ReplyDelete
  5. makasih gan sangat membantu :D semoga berkah .
    btw kalo buat balikin lagi pengaturan nya ke stick ps2 gimana gan , kan ane sempet ganti pengaturan ke keyboard

    ReplyDelete