universitas terbaik di indonesia by university rankings Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia Pendidikan Matematika IPA Universitas jurusan PENDIDIKAN TEKNIK

.

Cari Bahan dan Cara Menulis Artikel di Blog Website

cara menulis artikel di blog

Bagaimana cara mencari bahan untuk membuat tulisan dan cara menulis artikel di blog website? Tentu ini sulit bagi pemula yang baru saja membuat blog baru. Kesulitan tersebut karena tulisan harus dibuat menarik bagi pengunjung, sekaligus juga harus memenuhi kriteria mesin telusur terutama google, atau istilah kerennya memenuhi kriteria seo (Search Engine Optimization/optimisasi mesin pencari).


Berikut disajikan urutan membuat tulisan baru di blog.  Bagi yang belum memiliki blog website, silahkan lihat caranya di cara membuat blog baru.

Tentukan Tema-Topik


Sebelum menulis artikel, tetapkan dulu topik atau tema tulisan. Misalnya pada tulisan di blog ini menggunakan tema cara membuat artikel di blog atau website. Tema tersebut nanti akan menentukan judul dari tulisan.

Cari bahan tulisan


Bahan tulisan harus dicari, terutama melalui internet. Tujuannya untuk memperkaya pengetahuan/pengalaman yang sudah ada, membandingkan tulisan antar penulis, sehingga muncul ide bentuk tulisan yang akan disajikan. Bentuk dan susunan pragraf tulisan yang akan disajikan diupayakan berbeda (setidaknya ada sedikit perbedaan) dengan semua tulisan yang sudah ada di google searching. Jika tulisan persis sama dengan tulisan yang sudah ada, dikhawatirkan google menganggap tulisan itu sebagai plagiat, sehingga tidak direspon baik oleh mesin google.

Bahan tulisan bisa dari pengetahuan atau pengalaman sendiri, info dari kerabat, media cetak dan televisi, hingga buku teks. Tetapi hampir seluruh tulisan biasanya sudah ada di blog/website, sehingga tetap perlu menelusurinya di google, bing ataupun yahoo.

Mencari informasi di google harus menggunakan kata kunci (keyword) yang sesuai dengan topik. Misalnya terkait topik menulis artikel di blog, bisa menggunakan kata kunci "menulis artikel", "cara menulis artikel", "cara membuat tulisan di blog", "artikel blog", "blog posting", "post blog", dan banyak lagi kata yang bisa digunakan untuk searching di google.

Jenis bahan dan cara mengambilnya


Teks, berupa kata, kalimat, pragraf hingga semua isi tulisan dari sebuah artikel. Caranya: blok dan copy tulisan tersebut, masukkan ke Word atau ke Notepad. Beberapa tulisan dapat dicopy sebagai bahan referensi untuk membuat tulisan baru. Tulisan yang dibuat di Word atau Notepad juga dapat dicopykan ke dalam artikel blog. Jika ingin mengkopi tulisan ke dalam blog, sebaiknya gunakan Notepad, karena bentuk teksnya masih generik. Gambar diperlukan, biasanya satu gambar yang diletakkan di posisi atas tulisan.

Gambar dapat ditelusuri di google image/gambar. Pilih dan seleksi gambar yang relevan dengan topik, klik kanan untuk copy/salin gambar tersebut. Buka paint atau power point untuk meletakkan gambar yang dicopy. Ubah, crop, potong dan modifikasi gambar tersebut agar sedikit berbeda dari aslinya. Simpan gambar menggunakan jpeg. Gambar *.jpeg umumnya digunakan di dalam artikel blog, dengan ukuran file 10 - 20 kb. Gambar yang sudah disimpan di komputer, nanti akan dimasukkan ke dalam artikel blog dengan cara klik insert image.

Tabel dari hasil searching google sebaiknya dicopy ke excel. Tabel yang dibuat di excel juga bisa di copykan ke dalam artikel blog.

Video juga dapat dijadikan bahan dan dimasukkan dalam artikel. Bahan video di download terlebih dahulu (biasanya dari youtube). Video tersebut sebaiknya di edit sedikit menggunakan window live movie maker atau software lain yang bisa dicari di google. Lalu buka youtube, masuk/sign in, dan upload video tadi. Video yang diupload bisa juga milik sendiri yang sudah ada di komputer. Supaya video youtube tersebut bisa di buka di dalam artikel blog, maka kode url video tersebut harus di copykan ke dalam artike blog.

Tetapkan Judul


Setiap penulis bisa membuat judul yang sedikit berbeda walaupun topiknya sama. Misalnya pada tulisan ini judul yang digunakan adalah Cari bahan dan cara menulis artikel di blog".

Gunakan huruf kapital di setiap kata pada judul. Judul akan dianggap spam oleh google jika menggunakan huruf kapital seluruhnya. Upayakan judul menarik bagi pengunjung. Misalnya judul tulisan ini diganti dengan "5 cara menulis artikel di blog yang disukai google". Judul-judul yang menarik tentu akan lebih dipilih oleh pengunjung saat puluhan judul tampil di halaman pencarian google. Namun harus diingat judul harus sesuai dengan isi tulisan.

Tetapkan kata kunci


Kata kunci-keyword dimaksudkan disini adalah kata-kata yang yang diketik/dicari oleh pengunjung ketika mencari informasi di google. Kata kunci ini disebut label di blogspot. Google mencatat setiap kata yang dicari oleh pengunjung di seluruh dunia dari berbagai macam bahasa. Data kata kunci tersebut dapat dilihat di https://adwords.google.com/KeywordPlanner yang masuk menggunakan pasword gmail.

Contoh kata kunci dari google adword terkait topik menulis artikel di blog dapat dilihat pada tabel. Kata "cara membuat artikel" dan "cara menulis artikel" adalah kata kunci yang paling banyak dicari pengunjung di google yaitu 1.000 - 10.000 avg. monthly searches. Sementara "membuat tulisan di blog" sangat kecil jumlahnya yaitu 10 - 100 pencarian/bulan.

Kata Kunci dicari pengunjung di google Avg. monthly searches
cara membuat artikel  1K – 10K
cara menulis artikel  1K – 10K
membuat artikel  100 – 1K
cara menulis blog  100 – 1K
menulis artikel  100 – 1K
cara menulis di blog  100 – 1K
cara menulis artikel di blog  100 – 1K
cara membuat artikel di blog  100 – 1K
tips menulis artikel  100 – 1K
cara penulisan artikel  100 – 1K
membuat tulisan di blog  10 – 100
K=1000

Banyak tips sebenarnya tentang mengoptimalkan kata kunci ini. Diantaranya adalah bahwa tulisan harus mengandung beberapa kata kunci yang cukup banyak dicari oleh pengunjung. Hindari kata kunci yang terlalu tinggi karena akan berkompetisi dengan blog yang sudah mapan. Tetapi juga hindari kata kunci yang terlalu sedikit karena hanya dicari oleh sedikit pengunjung. Setidaknya ada satu kata kunci di dalam judul blog. Beberapa hingga lima kata kunci dapat dimasukkan di dalam satu tulisan. Setiap kata kunci sekurang-kurangnya tampil sebanyak 3 kali di dalam tulisan. Kata kunci juga menyebar merata di awal, tengah dan akhir tulisan. Kata kunci juga diberi penekanan dalam tulisan dengan bold atau italic. Harus diingat bahwa kata kunci ini sangat penting karena google menampilkan judul blog di google searching berdasarkan kata kunci yang diketik/dicari oleh pengunjung.

Mulai membuat artikel di blog


Cara menulis artikel di blog website adalah dengan membuka/masuk ke dashboard blogger.  Ketik dan klik www.blogger.com/home > klik buka daftar entri.  Lalu pilih entri baru/new post untuk membuat tulisan baru.  Tulisan yang sudah dibuat juga dapat diedit dengan klik pos/posts > lalu klik judul tulisan.

Cara Menulis Artikel di Blog


Lalu tampil lembaran kosong tempat mengetik/membuat artikel seperti gambar di bawah ini.  Secara sederhana, urutan penulisan adalah ketik judul (paling atas), isi tulisan di lembar kosong, dan klik publikasikan/publish sebelah kanan atas untuk selesai dan mempublikasikannya.

cara menulis artikel di blog

Menulis Judul dan Isi Artikel


Ketik judul sebanyak 70 huruf termasuk spasi.  lebih dari 70 huruf/karakter tidak ditampilkan oleh google di mesin pencari.  Gunakan huruf kapital di awal kata, jangan seluruh kata kapital.

  • Ketik tulisan di lembar kosong.  Tulisan bisa juga dicopy seluruh/sebagian dari notepad atau word.  Sebaiknya tulisan dari word pindahkan dulu ke notepad, lalu notepad pindahkan ke artikel blog.  Ketik tulisan 1 - 2 halaman sudah cukup, tulisan sesuai aturan seperti ada alinea dan ada sub judul jika diperlukan.  Gunakan ikon yang ada dibagian atas untuk menyempurnakan tulisan, terutama huruf miring dan bold untuk menandai kata kunci, justify left atau center, quote dan lainnya. 
  • Tambahkan gambar, dengan klik ikon insert image > lanjut pilih file gambar > pilih gambar dari harddisk dan enter > klik gambar > add selected.  Gambar yang dimasukkan adalah *.jpeg ukuran 5 - 20 kb saja supaya ringan.  Edit gambar yang sudah masuk di lembar artikel dengan cara klik gambar  > pilih small - large.  Juga klik gambar >  klik properties > isi keterangan gambar title text dan atau alternatif/alt text.
  • Tambahkan tabel, bisa langsung dari excel.  Bisa juga dari excel copy dulu ke notepad, dan dari notepad ke artikel blog.  Cara mengedit tabel cukup sulit karena harus diedit di HTML (disamping ikon compose sudut kiri).
  • Tambahkan video, dengan cara mengambil link dari video youtube, kemudian link tersebut copy ke dalam artikel blog mode HTML (bukan compose).
  • Setiap saat hasil tulisan bisa dilihat tampilannya dengan klik pratinjau/preview di kanan atas.  Atau klik tutup/close untuk stop dulu dan nanti dilanjutkan.  Selama publikasikan/publish belum di klik, maka tulisan yang dibuat belum masuk ke mesin google, belum bisa dilihat pengunjung, karena tulisan masih dianggap sebagai draf.


Menambah label dan tautan permanen


Label dan link/tautan permanent berada di sebelah kanan.  Label berisi keyword dari tulisan.  Pada tulisan ini label yang digunakan adalah "cara membuat artikel di blog" dan "cara menulis artikel di blog".  Disamping itu juga ditambahkan label "blog baru" dan "membuat blog" agar tuisan ini dapat terkait dengan tulisan lainnya yang bertopik membuat blog baru.  Lihat lagi tulisan tentang kata kunci-keyword di bagian awal tulisan ini.

Link/tautan permanent otomatis ada ketika pertama kali membuat judul artikel.  Jika kemudian judul diubah maka tautan permanent tidak berubah otomatis.  Maka klik tautan permanent untuk mengubah tautan agar sama dengan judul.  Pada tautan ini spasi diganti dengan "-".  Setelah semua selesai maka tinggal klik Publish/publikasikan.


cara membuat artikel di blog



Lanjut menulis sambil setting blog



  • Bagi pemula dan blog baru, cukup buat 2 - 3 tulisan untuk tahap pertama.  Setelah itu blog baru yang sudah berisi beberapa artikel tersebut didaftarkan ke google webmaster.  Langkah ini dapat dilihat di Webmaster untuk daftar verifikasi sitemap perayapan blog baru.
  • Jumlah artikel harus terus ditambah agar makin banyak.  Makin banyak tulisan maka makin banyak pula pengunjung yang melihat blog kita.  Pada tahap merintis blog baru, artikel diperbanyak secepat mungkin, bisa 2 - 3 artikel setiap hari.  Setelah artikel berjumlah cukup banyak (puluhan), dan pengunjung/pageview sudah ribuan per hari, maka artikel tinggal di monitor saja.  Jika blog sudah mapan maka cukup satu artikel setiap minggu atau bahkan perbulan saja.
  • Menyeting blog menjadi lebih sempurna biasanya dilakukan sambil menambah artikel.  Setting tersebut antara lain menambahkan meta taq, mengganti template baru, menambah komentar dan share facebook/twitter, menambahkan internal link, menambahkan backlink, ping dan submit ke berbagai search engine selain google.  Terakhir monetisai blog untuk mendapatkan uang dari layanan iklan.    


Demikian tentang cara menulis artikel di blog website, terutama untuk pemula blog baru.  Seluruh info terkait membuat blog klik blog.




Share:

No comments:

Post a Comment