universitas terbaik di indonesia by university rankings Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia Pendidikan Matematika IPA Universitas jurusan PENDIDIKAN TEKNIK

.

2 Cara Membuat Website Internet Gratis Blogspot.com

Terdapat 2 cara membuat website gratis internet blogspot.com.  Cara-cara membuat website gratis tersebut dapat dibaca dibagian akhir artikel ini.  Namun ada baiknya bagi pemula agar membaca secara bertahap, karena dibagian awal diberikan gambaran tentang pengertian website internet gratis, website berbayar, tujuan membuat website, pentingnya segera membuat website serta pentingnya menentukan tema website yang akan dibuat.  



cara membuat website gratis blogspot.com


PENGERTIAN WEBSITE INTERNET

Pengertian dari website atau situs web adalah  kumpulan dari halaman web yang terkait (kumpulan artikel/tulisan) yang disajikan dari domain web tunggal (misalnya namaweb.com).  Website dapat diakses melalui jaringan seperti internet atau LAN.  Gabungan semua situs yang dapat diakses publik lewat Internet disebut pula sebagai  world wide web atau disingkat www.  Pengertian website secara lengkap dapat dilihat dari sumber wikipedia/website.

WEBSITE GRATIS BLOGSPOT.COM vs BERBAYAR

Setiap orang, kelompok, organisasi ataupun perusahaan punya keinginan untuk memiliki sendiri situs atau website.  Puluhan juta website bisa ditemukan di internet saat searching/penelusuran di google.  Ada website berekstensi namawebsite.com, .net, .go.id. co.id, .edu, dan lainnya.  

Website-website tersebut dapat dibuat diawali dengan pembuatan website gratis.  Website gratis terbaik dan paling populer di google adalah website blog atau website dengan nama ekstensi blogspot.com.  Jika dianggap perlu dikemudian hari website blog dapat diubah menjadi ekstensi .com atau .net atau ekstensi lainnya yang berbayar tahunan.

Website blogspot sering disebut sebagai web blog atau blog saja.  Pengertian website blog secara singkat adalah bentuk aplikasi website yang berupa tulisan-tulisan (disebut juga posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan tersebut ditampilkan mulai dari yang terbaru hingga yang lebih lama, walaupun dapat diatur sendiri tampilannya sesuai keinginan admin web blog tersebut (sumber: wikipedia/wiki/Blog).

Website blogspot merupakan website gratis yang direkomendasikan.  Ini karena blogger.com (penyedia blogspot.com) merupakan anak perusahaan dari google.  Dibandingkan dengan website gratis lainnya, web blog ini lebih mudah tampil di mesin pencari google (mesin pencari no.1 di dunia), setara dengan website berbayar *.com.  Website tersebut benar-benar gratis dan tetap aktif tanpa ada bayaran (iuran) tahunan.

Website berbayar bisa dilakukan dengan mengubah nama website gratis namaweb.blogspot.com menjadi namaweb.com (“blogspot” hilang), atau ekstensi lain seperti .co.id, .net dan lainnya sesuai ketersediannya.  Pendaftaran dan pembayaraannya dilakukan kepada penyedia domain *.com, dengan harga dikisaran 500 ribuan/tahun.  Jika tahun kedua tidak dibayar maka website*.com tadi menjadi tidak aktif dan bisa hilang di mesin pencari google.

TUJUAN MEMBUAT WEBSITE INTERNET

Website  dapat dibuat dan dimiliki secara pribadi.  Website demikian dapat dijadikan media oleh pemiliknya untuk membuat tulisan/artikel/gagasan tentang hobi, misalnya website sepak bola, kucing anggora, atau masak-memasak.  Website banyak pula yang berkenaan dengan keahlian dari pemiliknya, sekaligus media promosi keahliannya yang dapat mendatangkan konsumen.  Misalkan seorang teknisi dapat membuat website service tv, arsitek bisa membuat website desain rumah minimalis, toko hp dapat membuat website jualan hp.  

Kelompok/organisasi mulai dari pemerintah (kementrian dan pemda) hingga perusahaan swasta juga mempunyai website  untuk menginformasikan tentang kelompok/organisasinya, program/produk/jasa yang dihasilkan dan lain sebagainya.  Media cetak dan televisi hampir semuanya memiliki website, antara lain detik.com dan vivanews.co.id.  Perusahaan-perusahaan terkenal antara lain intel.com, microsoft.com, astra.co.id, honda.com, sony.com dan banyak lagi.

Tujuan akhir dari sebuah website, terutama website komersial, adalah membuat website yang gampang dicari di google (tampil di halaman pertama), sehingga akan banyak dikunjungi/dilihat/dibaca oleh pengguna internet.  Semakin banyak pengunjung suatu website maka semakin dikenal/populer website tersebut termasuk isi artikel-artikel atau produk/jasa yang ada di dalam website tersebut.  Website yang telah populer dapat jadikan sarana untuk mendatangkan konsumen (tentunya disediakan nomor kontak), sehingga semakin laku produk/jasa yang ada di website.  Disamping itu website yang banyak dikunjungi akan menarik pihak ketiga untuk memasang iklan yang tentunya menghasilkan pendapatan.

SEGERAKAN MEMBUAT WEBSITE GRATIS 

Bagi yang ingin memiliki website, sebaiknya segeralah membuat website gratis.  Alasannya pertama karena cara membuat website internet tersebut cukup mudah sehingga anda dan setiap orang dapat membuat sendiri website gratis blogspot.  

Alasan kedua bahwa website-website baru banyak bermunculan sehingga semakin sedikit tersisa kata-kata populer yang banyak dicari pengunjung internet untuk dijadikan nama sebuah website.  Sekarang ini saja sudah sulit mencari satu dan dua kata yang populer untuk nama sebuah website.  Contohnya, nama website menggunakan dua kata seperti jualrumah, jualanrumah, jual-rumah, rumahminimalis, desainrumah,desain-rumah, tidak bisa lagi dibuat website baru karena nama tersebut sudah digunakan oleh website lainnya.

TENTUKAN TEMA DAN NAMA WEBSITE 

Cara membuat website gratis internet cukup mudah dan akan dijelaskan tahapannya pada artikel ini.  Namun sebelumnya pikirkan terlebih dahulu website apa yang akan dibuat.  Apakah website tentang hobi, keahlian, website kelompok/ grup, website tentang usaha atau perusahaan.  Karena topik website perlu disesuaikan dengan nama email, nama website dan judul website saat membuat website baru.  Kesesuaian tema dengan nama website dan judul website menyangkut soal "seo" yang berpengaruh pada searching website tersebut di goole (untuk tingkat lanjutan).

Misalkan website yang akan dibuat adalah tentang gambar dan desain rumah minimalis.  Maka nama email dapat dibuat desainrumah.gmail.com, nama websitenya adalah desainrumah.blogspot.com, dan judul website adalah desain rumah minimalis sederhana.  Siapkan juga nama alternatif karena kemungkinan nama email dan nama web desainrumah tersebut sudah ada yang punya sehingga tidak diperbolehkan lagi.  Nama alternatifnya misalnya desain-properti, atau desain-properties, properti-desain, desainrumah89, atau nama lain yang menggambarkan isi website.

EMAIL UNTUK WEBSITE BLOGSPOT 

Sebelum membuat website blog/blogspot diperlukan sebuah emal *.gmail.com (email di google).  Email lain seperti yahoo.com dan lainnya tidak bisa digunakan.  Email gmail.com berfungsi seperti email pada umumnya, tetapi juga terdapat fasilitas untuk membuat aplikasi lain seperti website blog (blogspot), kumpula foto, google+ (sejenis facebook di google), dan lainnya yang nanti dapat diketahui jika sudah memiliki email gmail.com.

Email yang tentunya memiliki password, merupakan pintu masuk ke website blogspot.  Sehingga hanya pemilik email yang dapat mengubah, menambah tulisan, mengedit, menghapus dan mengutak-atik website.  Sementara pengunjung internet yang mencari informasi di google hanya dapat melihat dan membaca isi website.  Mereka tidak tahu email dan passwordnya, sehingga tidak bisa mengutak-atik atau mengubah-ubah isi dari website. 

CARA MEMBUAT WEBSITE GRATIS BLOGSPOT.COM


  • Cara pertama dan sangat gampang memperoleh website gratis adalah minta jasa dari teman atau kolega yang sudah punya website.  Mereka yang pernah punya website blogspot, dapat membuat sebuah website baru dalam setengah jam.  Sebelumnya beritahukan tema, topik atau judul website yang diinginkan.  Sekalian bisa dimintai tolong untuk isikan satu tulisan sebagai contoh.  Permintaan tampilan website juga bisa diajukan misalnya tampilan website (template) yang memiliki menu pulldown (dropdown menu), dengan dua atau tiga kolum.
  • Cara kedua, adalah membuat sendiri website gratis blogspot.  langkah-langkah membuat website gratis blogspot adalah: kunjungi/masuk ke website blogger.com (penyedia layanan blogspot.com), buat email baru gmail (jika belum ada), buat website blog baru dengan cara mengisi title/judul website, address/nama website, hingga bentuk tampilan website.  Langkah-langkah secara detil dapat diikuti pada artikel Cara buat Website Gratis Sendiri 2014-2015
    

MINAT MEMBUAT WEBSITE BLOG GRATIS

Sekedar informasi, bahwa dari pencatatan google, sangat banyak pengunjung internet di Indonesia yang mencari tahu cara-cara membuat website, membuat web blog ataupun blogspot.  Ini dapat dilihat dari jumlah penelusuran di google sekitar 134 ribuan per bulan, seperti tabel berikut.

cara membuat website, buat blog, membuat blog, cara membuat website gratis.  Cara membuat web, cara buat website, membuat website, membuat website gratis.  Website gratis, bikin blog, cara bikin website, membuat blog gratis, blog gratis, buat blog gratis, buat website.  Buat website gratis, cara membuat website sendiri, web gratis, cara membuat toko online.  Cara bikin web, cara buat web, cara buat website gratis, cara membuat web gratis, bikin website gratis

Membuat blogger, membuat web, bikin website, cara membuat situs web, cara membuat web sendiri
buat web, buat web gratis, cara bikin website gratis, cara membuat situs.  Membuat blogspot, membuat web gratis, membuat website sendiri, bagaimana cara membuat website, bikin blog gratis, blogspot gratis.

Cara buat web gratis, cara buat website sendiri, cara membuat website pribadi. Langkah langkah membuat website

Demikian gambaran umum cara membuat website gratis, silahkan kli Cara buat Website Gratis Sendiri yang menjelaskan langkah-langkah membuat website blog gratis.

Share:

No comments:

Post a Comment